NILAI-NILAI BUDAYA DASAR CISCO
SYSTEMS INC
1.
Kepercayaan dan Harapan
Cisco
Systems Inc menjadi perusahaan yang terbaik dalam dunia perangkat keras dan
perangkat lunak. Cisco adalah salah satu produk untuk teknologi informasi nomor
satu di dunia, terutama untuk system, perangkat keras jaringan serta
telekomunikasinya. Keuntungan teknologi Cisco ke depannya menawarkan produk dan
pelayanan melalui jaringan computer serta komunikasi. Kategori dari produk dan
pelayanan yang ditawarkan termasuk aplikasi pelayanan jaringan, jaringan rumah,
perusahaan kecil, jaringan optic, keamanan, jaringan data center, komunikasi,
system video dan teknologi wireless.
Cisco
menganut perubahan konfrontasi penciptaan nilai, memajukan lingkungan dimana
gagasan dapat secara bebas dilontarkan dan membangun semangat kerja tim yang
dibangun diatas kepercayaan.
2.
Mengenal Kegelisahan atau Ketidakpastian
Cisco
tidak berani untuk melakukan pembaharuan dalam sistem dan jaringan yang sudah
ia buat sebelumnya, karena cisco masih takut untuk berkembang dan mengembangkan
jaringannya dan sistem yang sudah ada menjadi tidak berfungsi dengan baik.
Untuk menanggulangi masalah tersebut cisco membuat sistem jaringan yang baru
disbanding hanya memperbaiki sistem jaringan yang sudah ada. Akan tetapi, jika
hanya memperbaiki kerusakan jaringan yang ringan cisco masih mau
memperbaikinya.
3.
Nilai Manusia dan Tanggung Jawab serta Pengabdian
Cisco
Systems menjunjung tinggi etos mengambil resiko, inisiatif, tanggung jawab,
kecepatan dinilai atas koordinasi, efisiensi dan kesempurnaan. Di bidang
platform perdagangan business to business yang terstandarisasi mengilustrasikan
proses inovasi perusahaan ini. Inisiatif yang muncul dari staf pelayanan
pelanggan, yang berfokus pada perusahaan-perusahaan besar. Kelompok ini melibatkan
kelompok penasehat pelanggan dan organisasi TI untuk memperoleh kekuatan yang
cukup untuk mendorong inisiatif ke depan. Kelompok TI membantu memperkanalkan
konsorsium RosettaNet kepada karyawan cisco. Inisiatif mempengaruhi beberapa
bagian lain, khususnya sistem keuangan dan manufaktur. Tujuan peningkatan
kepuasan pelanggan pokok bagi pendekatan penjualan mereka, karena insentif
konpensasi untuk manajer di sebuah organisasi terikat pada kepuasan pelanggan.
Bila inisiatif berlangsung dengan cara yang khusus, maka departemen IT akan
mengasumsikan tanggung jawab untuk mengangkat konflik antar departemen ketika
sistem diimplementasikan.
Pada
tahun 1993, Cisco menembus keuntungan hingga $6,4 milyar. Dari pertumbuhan
internet yang meningkatkan permintaan router sehingga cisco memprluas cakupan
produknya. Hingga sampai terbentuknya revisi perencanaan bisnis yang dibuat
oleh Morgridge, John Chamber, dan Ed Kozel(Chief Technology Officer). Revisi
tersebut focus pada empat area yaitu :
v Menyediakan
suatu solusi bisnis.
v Membuat
sebuah proses akuisisi.
v Menggambarkan
industry networking software protocol.
v Membentuk
strategi dalam kemitraan.
5.
Cinta dan Kasih Sayang
Perubahan
struktur cisco yang menjadi desentralisasi merupakan salah satu perubahan yang
membawa cisco lebih dekat dengan customer mereka dan membuat suatu komunikasi
bebas antar team yang mengarah pada paham desentralisasi yang merupakan jalan
satu-satunya bagi pertumbuhan bisnis yang lebih fleksibel dan lebih mendekatkan
atau mempererat ikatan perusahaan dengan customer. Saling berbagi pengetahuan,
sharing knowledge dalam teamwork yang merupakan internal knowledge.
6.
Keindahan, Keadilan, Kejujuran, Kedisiplinan,
Kesetiaan, dan Profesionalisme
Jam kerja yang sangat fleksibel
tidak membuat para karyawan melupakan pekerjaannya. Adanya inovasi teknologi
yang baik dan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif membuat karyawan
menjadi lebih semangat dalam bekerja, dan ditunjang dengan teknologi IT yang
sangat baik. Cisco juga memberikan jam kerja yang tidak akan membuat pekerjaan
bertambah berat. Selain itu, nature pekerjaan cukup entrepreneurial. Kejelian
perusahaan dalam merekrut pegawai/karyawan merupakan salah satu kelebihan yang
dimiliki oleh perusahaan ini.
Komentar
Posting Komentar